Komparansi atau perbandingan antara Ertiga Dengan Mobilio tentu menjadi topik yang sangat menarik, pasalnya kedua mobil dari brand yang berbeda ini berada pada kelas dan harga yang sama. Sama-sama pendatang baru di kelas Low Multi-purpose Vehicle, baik Ertiga maupun Mobilio menjadi alternatif menarik bagi para konsumen. Di kelas yang sama, 2 pemain lawas hasil brand to brand completion telah menguasai pasar otomotif nasional selama hampir 1 dekade.
Kehadiran andalan Suzuki dan Honda ini benar-benar menyemarakkan segmen kendaraan serba guna yang cukup lama berada di titik jenuh. Masyarakat kita boleh jadi bosan dengan penawaran yang sama selama 7 hingga 8 tahun belakangan. Fenomena baru ditorehkan Ertiga pada Tahun 2012 lalu diimbangi oleh fantastisnya kemunculan perdana dari Mobilio di akhir Tahun 2013.
Agar lebih fair menilai performa dan kualitas yang diusung masing-masingnya, silahkan mencermati beberapa item komparansi Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio di bawah ini :
Eksterior
Penampilan keduanya memang jauh berbeda. Bagi yang klik Pacuroda.com yang suka dengan model MPV yang stylish, pasti memilih Ertiga. Sementara mereka yang mengedepankan gaya sporty pasti lebih cenderung menyukai Mobilio. Memang dimensi Mobilio lebih panjang dibandingkan seterunya, akan tetapi Ertiga unggul karena luas dan lapangnya kabin dengan daya muat memadai. Termasuk dalam kondisi semua kursi terisi dan penuh barang bawaan. Desain eksterior Mobilio kental dengan gaya SUV sedangkan Ertiga memiliki desain LMPV yang sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia.
Interior
interior suzuki ertiga images 
 Aspek interior Ertiga didominasi fitur-fitur praktis dan fungsional yang sangat mudah dijangkau serta dioperasikan oleh pengendaranya. Begitu memasuki kabin, kesan lapang dan lega mewakili daya muat kendaraan serba guna, tanpa meninggalkan kesan dinamis dan stylish. Semua instrument panel terlihat elegan, dinamis, dan mudah digunakan. Tingginya kursi membuat penumpang lebih leluasa, memiliki sudut pandang luas, dan relaks menikmati pemandangan selama perjalanan.

Platform Swift yang dipakai mampu menyajikan handling dan stabilitas yang baik. Eksterior luas dan lapang dihasilkan dari penambahan dimensi panjang antar poros roda. Tampak samping yang proporsional dan elegan didukung oleh desain dari Front Foot sampai dengan Roof End yang menyatu. Penurunan Rear Roof menjadi ciri khas yang juga menegaskan bentuk aerodinamis. Tidak jauh berbeda dengan pesaingnya, Mobilio menyajikan kenyamanan khas Honda yang terbilang berkonsep baru di tengah maraknya pasar.

MPV tanah air. interior honda mobilio imagesAdopsi model SUV, berakibat pada berkurangnya kesan nyaman sebuah MPV. Namun, teknologi Audio System keduanya dapat dikatakan setara. Memanjakan Anda saat berkendara bersama keluarga. Visibilitas tinggi dan sajian ac yang double blower yang juga dimiliki seterunya, membuat Mobilio menjadi lawan yang paling sepadan untuk sebuah Suzuki Ertiga.
Performa
Kita sampai pada salah satu item penting komparansi antara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio, yaitu performa mesin. Nama besar Suzuki dan Honda tidak bisa kita kesampingkan saat mengupas hal ini. Masalah besaran tenaga yang disemburkan dapur pacu dan sistem penggerak roda yang dipakai bisa jadi pamungkas yang memenangkan persaingan.
Ertiga mengusung Front Wheel Drive Layout. Konsep ini sangat membantu stabilitas dan handling optimal karena mengurangi jumlah komponen transmisi dan penggerak sehingga kendaraan lebih ringan. Pemakaian bahan yang kuat dan ringan pada konstruksi body, untuk memaksimalkan kinerja suspensi dan meningkatkan safety sistem. Dampaknya sangat baik untuk penghematan konsumsi bahan bakar.

Sementara itu, Mobilio merupakan hasil pengembangan yang menguras semua ide terbaik para insinyur Honda untuk sajian sebuah LMPV yang kompetitif di pasar otomotif, bahkan dalam skala global. Berkapasitas mesin 1.500 cc lebih besar dibandingkan Ertiga yang hanya 1.400 cc tidak membuat Mobilio unggul mutlak dalam menghasilkan tenaga dan torsi untuk ketangguhan berkendara. Selain sangat seimbang dengan sistem penggerak roda FWD-nya, Ertiga dikenal sebagai LMPV yang powerful dan tangguh. Mekanisme VVT dan Air Intake yang mengurangi friksi terbukti membuat mesin The Best Compact MPV 2012 ini sudah mulai bergerak 77 persen mulai dari 1.500 rpm. Hasilnya, Ertiga sangat irit bahan bakar dan dapat mencapai output power 95 Ps per 6 000 rpm serta torsi 130Nm per 4.000 rpm.

Safety dan Security

Ertiga dilengkapi fitur Side Door Impact Beam dan SRS Dual Airbags merupakan item penting yang hanya bisa dirasakan dalam kabin kendaraan paling fenomenal di Tahun 2012 ini. Selain itu, pada sistem pengeremannya didukung oleh fitur ABS, EBD, Safety Belt. Demikian juga Mobilio yang dilengkapi fitur-fitur standar keselamatan berkendara yang selalu dikedepankan oleh produsen. Pada aspek keamanan kedua kendaraan andalan masing-masing Brand ini sudah menggunakan fitur-fitur khas mobil masa kini, seperti Immobilizer Anti Theft, Security Alarm, dan Smart Key. Begitu kita berbicara mengenai bandrol yang ditentukan oleh distributornya, maka promo mobil suzuki jakarta by pacuroda.com menjadi kunci keunggulan atas Mobilio yang nota bene belum memiliki harga resmi.

Suzuki Indomobil Sales menyadari benar hal tersebut. Meski memiliki pilihan sistem transmisi sama yaitu manual dan automatic, varian Ertiga tetap lebih banyak dibandingkan Mobilio. Dan ini berpengaruh pada kisaran harga yang memanjakan konsumen Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar